Analisa Kecacatan Pada Pemasangan Support dan Pipa Fresh Water dan Hot Water di Kapal SSV 293 dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma

  • rohmat rohmat Universitas Muhammadiyah Gresik
  • hidayat hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Untuk menghasilkan produk yang bekualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan, maka dari itu perusahaan harus mengadakan kegiatan pengendalian kualitas. Hal ini juga sedang diupayakan oleh PT PAL Indonesia (Persero) selaku perusahaan galangan kapal. Dalam pembangunan sebuah kapal, masih ada kualitas produk tidak sesuai dengan standar. Diantaranya adalah masalah kecacatan produk yang terjadi pada hasil proses pemasangan support dan pipa fresh water hot water di kapal SSV 293. Dalam penelitian ini, penyebabnya adalah faktor manusia. Hal ini terjadi karena pekerja kurang kompeten, kurang teliti dan merupakan masih pekerja baru yang kurang berpengalaman. Dengan menggunakan pendekatan six sigma diketahui bahwa cacat pada hasil proses pemasangan support dan pipa fresh water hot water di kapal SSV 293 rata-rata nilai sigmanya adalah 2,68 dan DPMO nya 118672,9 hal ini berarti produk cacat ini berada di level sigma tingkat 2. Artinya perbaikan kualitas harus dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi cacat hingga yang diharapkan menuju level tingkat sigma yang lebih tinggi lagi.


Kata Kunci: Cacat, Six Sigma, Support, Pipa Fresh Water dan Hot Water.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 29, 2023
How to Cite
ROHMAT, rohmat; HIDAYAT, hidayat. Analisa Kecacatan Pada Pemasangan Support dan Pipa Fresh Water dan Hot Water di Kapal SSV 293 dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 3, p. 335-342, apr. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/5492>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i3.5492.
Section
Articles