ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN HIGH FREQUENCY WELDING MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS DAN FAULT TREE ANALYSIS DI PT INDAL STEEL PIPE GRESIK

  • Kevin Muktavin Romadhoni Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perkembangan teknologi selalu beriringan dengan perkembangan ilmu yang ada. Dampak dari perkembangan teknologi tersebut adalah banyaknya tenaga kerja manusia yang tidak diperlukan lagi di dunia perindustrian. Pemicunya, banyak industri yang mulai beralih menggunakan mesin daripada manusia dalam proses produksinya (Nurwulan dan Fikri, 2020). Penggunaan mesin dianggap dapat menghasilkan nilai efisien yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan tenaga kerja manusia. Namun, fungsi mesin terkadang mengalami penurunan kinerja seiring dengan bertambahnya usia mesin dan juga penggunaan oleh sumber daya manusia yang kurang berpengalaman. Oleh karena itu perlu adanya perawatan secara berkelanjutan dan periodik demi kelangsungan efektifitas mesin. Berdasarkan Latar Belakang yang telah dijabarkan, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat efektivitas guna untuk mengetahui tingkat kinerja fasilitas pada proses produksi pipa-pipa baja di mesin HFW, karena di perusahaan belum ada alat dalam mengukur kinerja mesin sehingga sangat tepat jika pengukuran kinerja mesin tersebut menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE)  dan memberikan masukan terhadap menurunnya losses yang teridentifikasi dari six big losses serta menganalisis penyebab six big losses mesin HFW dengan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 29, 2023
How to Cite
ROMADHONI, Kevin Muktavin. ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN HIGH FREQUENCY WELDING MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS DAN FAULT TREE ANALYSIS DI PT INDAL STEEL PIPE GRESIK. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 3, p. 304-314, apr. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/5406>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i3.5406.
Section
Articles