Analisi Efektivitas pada Conveyor Continuous Ship Unloader I (CSU I) dengan Metode Overall Equiment Effectiveness (OEE) dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA)

  • Widhahul Marwah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dzakiyah Widyaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elly Ismiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Petrokimia Gresik merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang agribisnis dan berfokus dalam produksi pupuk, salah satu fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah TUKS (Terminal Khusus Untuk Kepentingan Sendiri) yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bongkar muat, dalam kegiatan bongkar muat alat bongkar muat sangat berpengaruh dalam keberlangsungan kegiatan bongkar alat tersebut harus selalu efektif salah satu alat yang sering digunakan adalah continuous ship unloader 1 pada kegiatan bongkar muat berlangsung conveyor CSU I selalu terhubunga dengan CSU I untuk membawa cargo dari kapal ke gudang tujuan, Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan efektivitas mesin agar tidak terjadi kerugian dikarenakan tidak dapat melakukan kegiatan bongkar muat sesuai pernjanjian yang ditentukan dengan melakukan analisis efektivitas mesin conveyor continuous ship unloader I (CSU I). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah overall equipment effectiveness (OEE) dan failure mode and effects analysis (FMEA) yang dalam proses analisis tersebut didapatkan hasil faktor apa saya yang mempengaruhi kefektivitas mesin yang kemudian dihitung nilai RPN, dengan nilai tersebut dapat disimpulkan faktor kegagalan apa saya yang perlu ditangani lebih dulu dan ususalan perbaikan yanng bisa diterapkan perusahaan untuk meningkatkan efektivitas mesin conveyor CSU I.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2022
How to Cite
MARWAH, Widhahul; WIDYANINGRUM, Dzakiyah; ISMIYAH, Elly. Analisi Efektivitas pada Conveyor Continuous Ship Unloader I (CSU I) dengan Metode Overall Equiment Effectiveness (OEE) dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 75-85, oct. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/4430>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i1.4430.
Section
Articles