ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PENGOLAHAN MINYAK DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYST PADA PT. WILMAR NABATI INDONESIA

  • Andhy Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

  1. Wilmar Nabati Indonesia merupakan perusahaan FMCG yang memiliki beberapa sektor produksi, salah satunya bergerak pada sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit dengan Crude Palm Oil (CPO) serta kernel sebagai hasil produk utama. Dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah masalah perawatan (maintenance) pada mesin. Salah satu hambatan yang dihadapi perusahaan dalam produksi adalah terjadinya downtime pada mesin. Downtime meliputi mesin berhenti beroperasi akibat kerusakan mesin atau peralatan, bongkar pasang, pelaksanaan prosedur setup adjustment dan lain-lainnya. Downtime juga sangat berpengaruh pada perusahaan yang mengakibatkan tidak efisiennya tingkat produksi sehingga target produksi tidak tercapai dan menimbulkan waste. Penelitian ini betujuan untuk mengukur nilai OEE pada mesin filter press selama bulan Oktober 2020-Mei 2021 dengan rata-rata nilai availability sebesar 88.35%, rata-rata nilai performance efficiency sebesar 92.25%, dan rata-rata nilai quality rate sebesar 87.40% dan menghasilkan rata-rata nilai OEE sebesar 71.35% yang berarti dibawah target dengan standar sebesar 85%. Penyebab rendahnya nilai OEE karena tingginya kerusakan pada equipment failure losses yaitu sebesar 11.65%. Berdasarkan analisis FMEA kerusakan tersebut disebabkan karena kondisi atau kualitas angin yang mengalir ke mesin terdapat airnya, design frame mesin sering patah, perekat cloth mudah lepas, salah pemasangan spare part, dan house kran sering lepas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2022
How to Cite
KURNIAWAN, Andhy. ANALISIS EFEKTIVITAS MESIN PENGOLAHAN MINYAK DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYST PADA PT. WILMAR NABATI INDONESIA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 62-74, oct. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/4414>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i1.4414.
Section
Articles