ANALISIS POSTUR KERJA OPERATOR SABLON KARUNG DENGAN METODE RULA DAN WERA

  • Siswanto Siswanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Pregiwati Pusporini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elly Ismiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pekerjaan mensablon karung di UD. Eka Jaya dilakukan secara manual sehingga memerlukan sikap yang ergonomis dalam bekerja. Sikap postur kerja yang tidak ergonomis dapat menyebabkan cidera atau gangguan system musculoskeletal disorder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi postur kerja tubuh di UD.Eka Jaya dengan pendekatan RULA dan WERA, menghitung postur kerja yang beresiko dengan menggunakan metode RULA dan WERA, mengusulkan perbaikan postur dan gerakan kerja dengan pendekatan RULA dan WERA.


Pengambilan data dilakukan dengan observasi kelapangan dengan cara menyebar kuisioner Nordic Body Map (NBM). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA) dan Work Ergonomy Risk Assesment (WERA), kemudian  perolehan metode RULA grand score di kategikan berdasarkan action level, dan perolehan dari metode WERA final score di kategorikan berdasarkan action level.


Dari aktivitas operator sablon karung di UD. Eka Jaya, dengan metode RULA operator memiliki skor akhir 7. Dengan metode WERA operator memiliki skor akhir 37. Postur tubuh operator sablon karung di UD. Eka Jaya dengan menggunakan metode RULA operator masuk kategori action level 4 menunjukkan bahwa kondisi ini berbahaya maka pemeriksaan dan perubahan diperlukan dengan segera (saat itu juga). Dengan menggunakan metode WERA dari operator memiliki skor akhir 37 masuk kategori action level medium level medium Perlu diselidiki lebih lanjut dan perlu perubahan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 6, 2021
How to Cite
SISWANTO, Siswanto; PUSPORINI, Pregiwati; ISMIYAH, Elly. ANALISIS POSTUR KERJA OPERATOR SABLON KARUNG DENGAN METODE RULA DAN WERA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 1, n. 4, p. 591-608, july 2021. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/2835>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v1i4.2835.
Section
Articles