PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK GARMENT YANG OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus Pada UKM Ramli)

  • Rahmad Syaiful Rohman Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elly Ismiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dzakiyah Widyaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perencanaan kuantitas produksi merupakan faktor penting dalam menghasilkan produk dalam jumlah yang tepat, sehingga resiko terjadinya kelebihan maupun kekurangan produk dapat diminimalisir yang mana dapat mengurangi terjadinya kerugian terutama pada produk yang bersifat musiman dimana memiliki masa jual terbatas. Persoalan inilah yang menjadi dasar dari penelitian ini yang akan diselesainkan dengan menggunakan simulasi monte carlo. Monte carlo adalah simulasi tipe probabilitas yang mendekati solusi sebuah masalah dengan melakukan sampling dari proses acak yang. Hasil dari perhitungan monte carlo lalu dibandingkan dengan dua model simulasi persediaan yaitu model persediaan musiman (Newsboy Problem) dan model statik EPQ dengan mengutaman nilai keuntungan tertinggi sebagai acuan terbaik dalam penentuan kuantitias produksi. Dengan hasil ini pelaku bisnis dapat memiliki patokan dalam menentukan jumlah ukuran produksi yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 5, 2021
How to Cite
ROHMAN, Rahmad Syaiful; ISMIYAH, Elly; WIDYANINGRUM, Dzakiyah. PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK GARMENT YANG OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus Pada UKM Ramli). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 1, n. 3, p. 480-488, may 2021. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/2628>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v1i3.2628.
Section
Articles