MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MI DAARUL ILMI KABUPATEN TANGERANG

  • Candra Puspita Rini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (filed research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, dengan mengambil data di MI Daarul Ilmi. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada model analisis dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa MI Daarul Ilmi memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi instrinsik yang dimiliki adalah adanya minat yang tumbuh dalam diri mereka sendiri. Motivasi ekstrinsik yang dimiliki adalah adanya kegiatan yang menarik, lingkungan yang kondusif dan bekerja sama. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA cukup tinggi dapat dilihat dari beberapa indikator motivasi, tetapi presentase yang paling rendah terdapat pada indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran IPA yaitu tidak adanya media pembelajaran yang memadai untuk menjelaskan suatu konsep diluar praktikum dan observasi, kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA dan kesulitan guru dalam menanamkan konsep yang benar pada siswa dan sering bersifat verbalistik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 30, 2019
How to Cite
RINI, Candra Puspita. MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MI DAARUL ILMI KABUPATEN TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 153-159, jan. 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/755>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.755.
Section
Articles