PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGIPANJANG UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 RANDUAGUNG GRESIK

  • Silviatur Rokhmah
  • Ismail Marzuki

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang antusiasnya peserta didik saat proses pembelajaran matematika karena pembelajaran belum berpusat pada peserta didik yang menyebabkan hasil belajar matematika rendah. sehingga peneliti menerapkan pembelajaran inkuiri pada penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi menghitung luas persegi dan persegi panjang peserta didik kelas III SDN 1 Randuagung Gresik.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Randuagung Gresik yang berjumlah 33 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengambil data kondisi peserta didik yang dilakukan saat pengamatan langsung di kelas dan tes untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika peserta didik pada materi menghitung luas persegi dan persegi panjang.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung luas persegi dan persegi panjang peserta didik kelas III SDN 1 Randuangung Gresik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 48,49% yang mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 78,79%.
Kata kunci: pembelajaran inkuiri, belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 30, 2019
How to Cite
ROKHMAH, Silviatur; MARZUKI, Ismail. PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGIPANJANG UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 RANDUAGUNG GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 105-110, jan. 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/748>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.748.
Section
Articles