Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Prambangan-Gresik

  • Denny Silfiani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran yang digunakan oleh guru di dalam kelas masih menggunakan metode ceramah akibatnya peserta didik kurang aktif, cepat jenuh dan bosan menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dari latar belakang tersebut peneliti dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang bertujuan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada kelas V mata pelajaran PKn. Desain penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik kelas V SDN Prambangan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan observasi awal data hasil belajar peserta didik yang mengalami ketuntasan ada 61% kemudian dilaksanakan penelitian siklus 1 peserta didik yang dinyatakan tuntas sebesar 78% maka dapat dikatakan ketuntasan peserta didik sudah mencapai indikator keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2019
How to Cite
SILFIANI, Denny; ALFIANSYAH, Iqnatia. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Prambangan-Gresik. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 71-79, may 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1133>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1133.
Section
Articles