EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELA VI SDN MARGOANYAR

  • Yuditya Puspasari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode role playing pada proses pembelajaran tema 2 di SDN Margoanyar. Berdasarkan informasi awal yang penulis dapatkan proses pembelajaran tema 2 di sekolah tersebut belum efektif. Ketidak efektivan dalam proses pembelajaran diakibatkan masih mengunakan metode konvensional dan minat belajar peserta didik dalam materi pada tema 2 masih kurang. Hal ini juga mengakibatkan hasil pembelajaran pada tema 2 tidak maksimal. Berdasarkan data sementara yang diperoleh, sebagian besar peserta didik belum memenuhi nilai KKM, dalam tema 2 nilai Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 70. Subjek penelitian terdapat sebanyak 16 orang peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema 2. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, didapatkan peningkatan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2019
How to Cite
PUSPASARI, Yuditya; MARZUKI, Ismail. EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELA VI SDN MARGOANYAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 54-61, may 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1128>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1128.
Section
Articles