Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 1 Tlogopatut

  • Diah Fitriani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada peserta didik kelas V SDN 1 Tlogopatut.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, desain penelitian ini menggunakan model Hopkins yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18%, yang didapat peneliti dari hasil observasi sebelum melakukan tindakan sebesar 64% dan setelah tindakan siklus II mendapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 82%. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam mencapai indikatorpembelajaranmeliputi: menyebutkan organ peredarandarahpadamanusiadanfungsinya, menjelaskanjalannyaperedarandarahpadamanusiadanmenyebutkangangguankesehatan organ peredarandarahpadamanusia. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2019
How to Cite
FITRIANI, Diah; SUBAYANI, Nataria Wahyuning. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 1 Tlogopatut. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 37-45, may 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1126>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1126.
Section
Articles