Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Materi Membaca Pemahaman

  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Astrini Mandasari Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa di Sekolah Dasar, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berbagai macam keterampilan membaca, salah satunya adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan salah satu cara untuk menemukan suatu gagasan pokok. Beberapa siswa masih belum bisa menjawab pertanyaan atau menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf karena kuran memahami bacaan. Permasalahan tersebut harus bisa diberikan sebuah solusi yang tepat, diantaranya mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pesertadidik. Guru hanya melaksanakan proses pembelajaran tanpa disesuaikan dengan kondisi pesertadidik. Pembelajaran langsung menjadi lazim dan paling sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sementara itu guru profesional adalah guru yang mengembangkan perangkat pembelajarannya sendiri dan telah diesuaikan sesuai kebutuhan pesertadidik.


Pengembangan perangkat pembelajaran dapat menerapkan berbagai macam model pembelajaran yang tentunya sudah disesuaikan dengan materi dan kebutuhan pesertadidik. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pembelajaran Acceleraated Learning. Model ini telah ianalisis dan disesuaikan dengan materi membaca pemahaman. Model pembelajaranAccelerated Learning merupakan strategi yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Diharapkan penerapan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranAccelerated Learning, proses membaca pemahaman akan berlangsung dengan sistematis dan menyenangkan.


Hasil penelitian pengembangan ini memperoleh dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Sementara keterlaksanaan pembelajaran yang skenarionya tertuang dalam RPP dinyatakan terlaksana 100% dan kategori sangat baik. Skor yang diperoleh dari hasil validasi perangkat yakni rata-rata 87,89%.Berdasarkan penelitaian tersebut maka dapat dijadikan rujukan serta pengembangan penelitian yang sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2019
How to Cite
UMAM, Nanang Khoirul; MANDASARI, Astrini. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Materi Membaca Pemahaman. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 15-27, may 2019. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1124>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1124.
Section
Articles