KONTRIBUSI PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR MUKMIN MANDIRI, WARU SIDOARJO)

  • Heri Cahyo Bagus Setiawan Uniiversitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Riset ini secara khusus bertujuanuntuk mengetahui kontribusi atas praktik kewirausahaan yang dijalankan di pesantren entrepreneur Mukmin Mandiri. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengambilan data indepht interview kepada perwakilan santri yang terlibat dalam proses kegiatan kewirausahaan dipesantren, pengasuh pesantren (kiyai pesantren) dan santri senior yang membidangi pengembangan uaha (kewirausahaan) di pesantren (manajer), tujuannya untuk mengetahui sejarah, program dan manajemen kinerja dalam mengelola usaha (kewirausahaan). Selain melakukan indepth interview juga melakukan focus group discussion (FGD) kepada perwakilan para santri, pengasuh pesantren (kiyai pesantren) dan pegawai bidang keuangan pesantren (bendahara pesantren), tujuannyauntuk megetahui bentuk kategori kontribusi yang dirasakan secara riil bai santri dan pesantren atas praktik kewiraushaan di pesantren. Hasil analisis riset ini terdapat dua kategori kontribusi secara riil bagi santri dan pesantren. Pertama, kontribusi moral: kontribusi moral, pesantren secara riil mnejadi lembaga edukasi bagi santri agar bisa menjadi entrepreneur. Kedua, secara material: kontribusi material, pesantren sebagai lembaga pemberdayaan kemandirian ekonomi santri dimana santri mendapat insenti-finansial(income)atas kinerjanya terlibat dalam praktik kewirausahaan, sekaligus sebagai penopang perekonomian pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 30, 2019
How to Cite
BAGUS SETIAWAN, Heri Cahyo. KONTRIBUSI PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR MUKMIN MANDIRI, WARU SIDOARJO). Jurnal Riset Entrepreneurship, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 8-18, aug. 2019. ISSN 2621-153X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/961>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jre.v2i2.961.
Section
Articles