EMOSI POSITIF: DALAM HUBUNGAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING

  • M. Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Intan Kusuma Wardani Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying melalui emosi positif pada konsumen minimarket Pamong Siswo di Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode accidental sampling. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen minimarket Pamong Siswo di Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner offline dan online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM).


            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, (2) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, (3) Emosi Positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, (4) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying melalui Emosi Positif. Hal ini dibuktikan dengan koefisien mediasi Emosi Positif sebesar 0,459 lebih besar dari pengaruh langsung sebesar 0,366 sehingga variabel Emosi Positif terbukti mampu memediasi pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 22, 2021
How to Cite
TRIHUDIYATMANTO, M.; WARDANI, Intan Kusuma. EMOSI POSITIF: DALAM HUBUNGAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING. Jurnal Riset Entrepreneurship, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 26-36, aug. 2021. ISSN 2621-153X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/2993>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jre.v4i2.2993.