HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK PIKPG GRESIK

  • shinta Dwi Prihatini University Muhammadiyah of Gresik
  • zufra Inayah, SKM., M.Kes

Abstract

Profesi guru mempunyai tanggung jawab moral dan sosial pada peserta didik, wali murid dan masyarakat, sehingga beban kerja guru yang menyimpang dari ukuran ideal akan menyebabkan timbulnya kelelahan fisik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan beban kerja dengan kelelahan kerja pada guru Taman Kanak-Kanak PIKPG Gresik.


Desain penelitian adalah analitic observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh guru TK PIKPG sejumlah 56 orang. Jumlah sampel sebanyak 50 guru diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah beban kerja guru, sedangkan variabel terikat yaitu kelelahan kerja. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar kuesioner tentang tugas pokok guru TK dan kuesioner Subjective Self Rating Test tentang pelemahan kegiatan, pelemahan motivasi kerja dan gambaran kelelahan fisik. Analisis menggunakan uji Kendall Tau pada tingkat kepercayaan 95% (p<0,05).


Hasil menunjukkan bahwa beban kerja guru hampir seluruhnya atau 84% kategori berat, dan kelelahan kerja guru hampir setengahnya atau 42% kategori tinggi. Ada hubungan beban kerja dengan kelelahan kerja pada guru Taman Kanak-Kanak PIKPG Gresik dengan nilai korelasi 0,353 dan p = 0,005 (p<0,05).


Diperlukan pengendalian kelelahan kerja dengan cara penempatan pekerjaan sesuai dengan umur dan pengalamannya serta kemampuan secara fisik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 10, 2023
How to Cite
DWI PRIHATINI, shinta; INAYAH, SKM., M.KES, zufra. HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK PIKPG GRESIK. Journal of Public Health Science Research, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 13-21, may 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5603>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v4i2.5603.
Section
Articles