PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN RETNO SUWARI LERAN

  • devi novita sari universitas muhammadiyah gresik
  • Fitri Ayu Fatmawati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral dan keagamaan adalah kemampuan bersikap, bertingakahlaku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai moral dan keagamaan adalah metode pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode pembiasaan di kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Leran.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan dua orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai moral dan keagamaan anak melalui metode pembiasaan di kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Leran  adalah sebagai berikut: (i) rutin memandu kegiatan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sesuai dengan keyakinan untuk membiasakan beribadah, (ii) spontan sopan dalam bertutur kata untuk membiasakan prilaku mulia,(iii) keteladanan menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk menjaga kebersihan badan dan lingkungan, dan (iv) secara terprogram mengahafal surat dan hadis pendek dalam kehidupan sehari-hari untuk membiasakan menyebutkan kitab sici yang dianut.  Hal ini menunjukkan bahwa keempat bentuk pembiasaan dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 14, 2023
How to Cite
SARI, devi novita; FATMAWATI, Fitri Ayu. PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN RETNO SUWARI LERAN. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 10-24, jan. 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4321>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i1.4321.