PENGARUH MEDIA PERMAINAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU 272 BAITURROHIEM DUDUKSAMPEYAN

  • Imanda Arifiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Agustien Lilawati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRAK


Pembelajaran di usia anak-anak tidak jauh dengan kegiatan bermain. Karena bermain sendiri merupakan dunia mereka. Apapun yang anak-anak pelajari di sekolah pasti menggunakan metode bermain dalam belajarnya. Namun kemampuan setiap anak dalam menerima pembelajaran berbeda-beda. Seperti halnya di TK Muslimat NU 272 Baiturrohiem Duduksampeyan pada siswa kelompok A. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest One Group Design. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 18 siswa yang artinya pada penelitian ini menggunakan statistik non parametrik. Pada data menunjukkan nilai rata-rata pada pretest dan posttest 153 meningkat menjadi 192 saat sudah diberikan treatment. Berdasarkan output test statistic, Thitung > Ttabel yaitu 3.320 > 1.734 . Jadi dapat dikatakan bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh media permainan congklak untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada siswa kelompok A di TK Muslimat NU 272 Baiturrohiem Duduksampeyan.


Kata Kunci: Media Permainan Congklak, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 14, 2023
How to Cite
ARIFIYAH, Imanda; LILAWATI, Agustien. PENGARUH MEDIA PERMAINAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU 272 BAITURROHIEM DUDUKSAMPEYAN. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-9, jan. 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4308>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i1.4308.