IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK AZ ZAHRO BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK

  • Mu’arofah Mu’arofah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan potensi yang dimiliki anak TK dalam kamapuan dasar bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran. Implementasi media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik dilakukan setiap hari mulai hari Senin sampai Sabtu. Dalam penerapan media flashcard dibutuhkan kemampuan seorang guru yang dapat memainkan flashcard dengan baik dan benar saat proses pembelajaran. Sehingga, dalam proses pembelajaran tidak ada kesulitan baik dari pihak guru maupun pihak siswa dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar dampak peggunaan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pada siswa TK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu terdiri dari dua data yaitu data primer yang diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah dan guru di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik sedangkan data sekunder dapat diperoleh dari data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa penerapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik, siswa dapat menerima materi dengan mudah dan lebih semangat selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini adalah 1) Tahapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah yang diawali dari seorang guru membacakan simbol yang ada pada flashcard yang kemudian diikuti oleh semua siswa secara klasikal, setelah itu guru memberikan pertanyaan mengenai simbol yang terdapat diflashcard yang harus dijawab oleh siswa secara individu. 2) Faktor pendukung media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dapat disimpulkan melalui kemampuan seorang guru dalam memainkan flashcard. Sedangkan faktor penghambat media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah terdiri dari dua faktor yakni faktor dari dalam dan luar. Faktor dalam terjadi karena siswa itu sendiri sedangkan faktor luar dapat terjadi karena guru dan orang tua. Kata kunci : media flashcard, huruf hijaiyah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2018
How to Cite
MU’AROFAH, Mu’arofah. IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK AZ ZAHRO BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-46, feb. 2018. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/278>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.278.
Section
Articles