PENANAMAN NILAI – NILAI AGAMA ISLAM MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK USIA DINI

  • Ayunda S Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

 


Masa usia dini juga merupakan periode awal yang mendasar dari pertumbuhan dan perkembangan anak, masa usia dini ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk mengembangkan dan menanamkan pondasi – pondasi tentang nilai – nilai agama islam. Ada tiga strategi pengembangan nilai-nilai agama pada anak usia salah satunya melalui metode karyawisata. Metode karyawisata jarang sekali digunkan untuk mengembangkan nilai – nilai agama islam. Padahal dengan metode karyawisata yang dipadukan dengan penanaman nilai - nilai agama islam dapat memberikan pengalaman secara nyata tentang penerapan nilai – nilai agama dengan melakukan pengamatan terhadap aktifitas dari orang – orang dewasa dan bimbingan dari guru dalam menjelaskan apa yang sedang dilihat dan didengar pada saat ditempat tujuan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode karyawisata dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman nilai – nilai agama islam pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini metode karyawisata dapat meningkatkan pemahaman nilai – nilai agama islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2020
How to Cite
IFADAH, Ayunda S. PENANAMAN NILAI – NILAI AGAMA ISLAM MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK USIA DINI. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15-20, july 2020. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/1576>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1576.
Section
Articles