PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA PENGEMBANGAN SISTEM ANTRIAN ONLINE DI KEMENTRIAN ATR/BPN KAB. SUKABUMI

  • Dinda Yassa Descania Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Pengembangan sistem antrian merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efektif dan efesien dalam proses layanan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengembangan sistem antrian adalah metode prototype. Metode ini merupakan salah satu teknik pengembangan sistem yang menggunakan model sederhana dari sistem yang akan dibangun, sehingga memungkinkan pengembang untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan sistem sebelum diimplementasikan secara utuh.


Dalam penelitian ini untuk mengembangkan sistem antrian menggunakan metode prototype dengan tujuan untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan layanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi.


Peneliti mengimplementasikan sistem ini dengan melakukan evaluasi terhadap sistem yang telah dibangun. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem antrian menggunakan metode prototype mampu meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam proses pelayanan, dengan waktu tunggu pasien yang lebih singkat dan prosedur pendaftaran yang lebih mudah.


Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dbahwa dalam pengembangan sistem antrian menggunakan metode prototype dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan layanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 25, 2023
How to Cite
DESCANIA, Dinda Yassa. PENERAPAN METODE PROTOTYPE PADA PENGEMBANGAN SISTEM ANTRIAN ONLINE DI KEMENTRIAN ATR/BPN KAB. SUKABUMI. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 1-18, apr. 2023. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/5165>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v5i01.5165.