SISTEM PNDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KANDIDAT KETUA UMUM TERBAIK PIMPINAN WILAYAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR DENGAN METODE PROFILE MATCHING

  • Muhammad Manu Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Soffiana Agustin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Harunur Rosyid Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Setiap organisasi membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memberikan keteladanan, koordinasi dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada agar dapat mencapai tujuan bersama. Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur harus menjadi pemimpin yang mampu mewujudkan tujuan organisasi tersebut. Ketua umum terpilih pada musyawarah wilayah, seringkali pemilih memilih berdasarakan popularitas secara subjektif dan tidak memperhatikan faktor objektif lainnya. Karena tidak adanya indikator atau kriteria-kriteria baku dalam menentukan ketua umum. Maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan solusi terbaik untuk memilih ketua umum. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Profile Matching untuk mengatasi kerumitan yang ada, karena alternatif dan kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan ketua umum seperti aspek intelektual, aspek sikap kerja dan aspek perilaku. Data yang digunakan adalah kandidat ketua umum yang sudah mengikuti pelatihan kader taruna melati 3 dan berusia kurang dari 24 tahun. Kuesioner penilaian kriteria dilakukan oleh 2 orang perwakilan dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur. Pengujian sistem dengan membandingkan hasil perhitungan Microsoft Excel dengan hasil perhitungan sistem. Hasil dari implementasi sistem pendukung keputusan pemilihan kandidat ketua umum terbaik Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur dengan metode Profile Matching yang dibuat dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan aspek intelektual, aspek sikap kerja dan aspek perilaku secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 26, 2021
How to Cite
MANU, Muhammad; AGUSTIN, Soffiana; ROSYID, Harunur. SISTEM PNDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KANDIDAT KETUA UMUM TERBAIK PIMPINAN WILAYAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR DENGAN METODE PROFILE MATCHING. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, apr. 2021. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/2560>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v2i2.2560.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>