PENINGKATAN LANSIA SEHAT DAN BAHAGIA DI PANTI WERDHA HARGO DEDALI

  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiwik W Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yusrohul Yusrohul Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Kamelia Kamelia Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sampai saat ini jumlah penghuni panti yang tercatat dalam data pengurus berjumlah 43 orang, Panti Tresna Werdha Hargo Dedali juga menjalankan sistem penyantunan kepada lansia baik yang tinggal di panti atau di luar panti (berupa sandang, kesehatan, dan penyuluhan keagamaan) untuk mencapai kesejahteraan sosial. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan lansia sehat dan bahagia.
Metode yang digunakan yaitu memberikan pendidikan kesehatan, melakukan kegiatan yang seperti senam, kuis. Mengukur tingkat depresi lansia yang ada dengan instrument tingkat depresi
Tingkat depresi lansia sebagian besar normal 62,5 %, aspek kognitif mental lansia sebagian besar mengalami kerusakan fungsi mental ringan sebanyak 37,5%, kerusakan intelektual sedang 27,5%.
Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat sudah banyak lansia yang memahami tentang kegiatan untuk mengurangi tingkat depresi lansia dan turut serta pelaksanaan kegiatan derajat kesehatan dan tingkat depresi lansia juga dalam nilai normal, kegiatan yang telah dilakukan secara rutin oleh Panti Werda Hargo Dedali berdampak positif pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2020
How to Cite
WIDIHARTI, Widiharti et al. PENINGKATAN LANSIA SEHAT DAN BAHAGIA DI PANTI WERDHA HARGO DEDALI. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-20, oct. 2020. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/1986>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v1i1.1986.
Section
Articles