Pengaruh Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Terhadap Penurunan Intensitas Merokok Pada Siswa Laki-Laki

  • Sri Wilujeng Stikes ABI Surabaya
  • Masduqi Zakaria Stikes ABI Surabaya

Abstract

Merokok merupakan kebiasaan yang sulit diubah tergantung perilaku setiap individu. Salah satu upaya untuk mengurangi intensitas merokok yaitu Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) yang merupakan gabungan spiritual power dan energy psychology dimungkinkan dapat mengurangi kebiasaan merokok dan memperbaiki kondisi pikiran, emosi dan prilaku seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) terhadap penurunan intensitas merokok pada siswa laki-laki kelas XI di MA Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo tahun 2020.


Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental, one group pre-post test design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas XI MA Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo dengan jumlah 42 responden diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisa dengan Uji Wilcoxon yaitu terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) terhadap penurunan tingkat intensitas merokok.


Berdasarkan Uji Wilcoxon didapatkan nilai Z = -5.905 dan nilai p Value = 0,000 sehingga (p< α) sehingga H1 diterima H0 ditolak berarti ada pengaruh terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) terhadap penurunan intensitas merokok pada siswa laki-laki kelas XI di MA Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 26, 2021
How to Cite
WILUJENG, Sri; ZAKARIA, Masduqi. Pengaruh Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Terhadap Penurunan Intensitas Merokok Pada Siswa Laki-Laki. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 48 - 53, sep. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2999>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.2999.
Section
Articles