Hubungan Frekuensi Konsumsi Karbohidrat Dengan Kejadian Karies Gigi Pada anak Prasekolah

  • Diah Fauzia Zuhroh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Urfiyanah Urfiyanah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Masalah terbesar yang dihadapi penduduk Indonesia seperti di negara berkembang lainnya di bidang kesehatan gigi dan mulut penyakit jaringan yaitu karies gigi atau caries dentis di samping penyakit gusi. tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan konsumsi karbohidrat dengan kejadian karies gigi di TK Asmaul Husna Arosbaya Bangkalan Madura.


Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Populasi  dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi sebanyak  60 siswa dan jumlah sampel 53 siswa yang diambil menggunakan tekhnik accidental sampling. Variabel independen konsumsi karbohidrat dan variabel dependen karies gigi. Pengumpulan data dengan menyebar  kuesioner , pengolahan data editing, coding, scoring dan tabulating, analisa data dengan uji statistik Chisquare menggunakan SPSS 16.


Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang mengkonsumsi karbohidrat sering 42 siswa (79,2%). Sedangkan yang mengkonsumsi karbohidrat jarang 11 siswa (20,8%).


Siswa yang tidak mengalami karies gigi 18 siswa (34,0%). Sedangkan yang  mengalami karies gigi 35 siswa (66,05). Hasil uji statistik chisquare dengan SPSS 16, p = 0,001 dimana p < α (0,05) yang berarti Hi diterima.


Kesimpulan  dalam penelitian ini yaitu ada hubungan frekuensi konsumsi karbohidrat dengan kejadian karies gigi di TK Asmaul Husna Arosbaya Bangkalan Madura.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 26, 2021
How to Cite
ZUHROH, Diah Fauzia; URFIYANAH, Urfiyanah. Hubungan Frekuensi Konsumsi Karbohidrat Dengan Kejadian Karies Gigi Pada anak Prasekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 42 - 47, sep. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2942>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.2942.
Section
Articles