Analisa Kadar Vitamin C Mangga Podang (Mangifera indica L.) pada berbagai Tingkat Kematangan dengan Metode Spektroskopi UV-VIS

  • Tri ana Mulyati Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Fery Eko Pujiono IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI

Abstract

Vitamin C atau juga dikenal dengan asam askorbat merupakan senyawa kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh serta berfungsi sebagai katalis dalam rekasi kimia dalam tubuh. Salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C serta disukai oleh masyarakat adalah buah mangga podang. Umumnya vitamin C akan meningkat seiring bertambahnya tingkat kematangan buah, dan akan menurun setelah buat terlewat matang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa kadar vitamin C mangga podang (Mangifera indica L.) pada berbagai tingkat kematangan buah, yaitu mentah, setengah matang, matang dan kelewat matang. . Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah spesktroskopi UV-VIS. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kematangan buah mangga podang (Mangifera indica L.) dapat mempengaruhi kadar vitamin C. Semakin tinggi tingkat kematangan buah mangga maka kadar vitamin C akan semakin menurun. kadar vitamin C tertinggi di dapatkan pada mangga podang mentah (52,10 ± 0,48 mg/100 gr), sedangkan kadar vitamin C terendah di dapatkan pada mangga podang kelewat matang (19,59 ± 0,59 mg/100 gr).
Kata kunci :Vitamin C, Mangga Podang, Tingkat Kematangan, Spektroskopi UV-Vis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2021
How to Cite
MULYATI, Tri ana; PUJIONO, Fery Eko. Analisa Kadar Vitamin C Mangga Podang (Mangifera indica L.) pada berbagai Tingkat Kematangan dengan Metode Spektroskopi UV-VIS. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 31-37, june 2021. ISSN 2715-0518. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/herclips/article/view/2572>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/herclips.v2i02.2572.