Hubungan Pola Konsumsi Dan Indeks Massa Tubuh (Imt) Dengan Tekanan Darah Pada Pra-Lansia Dan Lansia Di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

  • Nur Mu’izza Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dian Agnesia Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Desty Muzarafatus Sholikhah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRACT


This study aims to analyze the relationship of consumption patterns and body mass index with blood pressure in the elderly in the District of Bungah. This research is an analytic observational research with cross sectional approach. The study was conducted pre elderly and elderly at the Posyandu Lansia Kecamatan Bungah was amounting to 100 people. Sampling research using purposive sampling. Data collection was performed using the Food Frequency Questionnaire questionnaire and measurements of height, weight, and blood pressure. Data analysis was performed with the Chi Square test and Linear Regression test. The results of research show there is a relationship between consumption patterns with blood pressure with a value of p <0.05.Furthermore, the results of research showed no relationship between body mass index and blood pressure with a value of p≥0.05. The conclusion of this research is that blood pressure in the elderly and elderly is more related to consumption patterns compared to body mass index.


 


Keywords: Body mass index, blood pressure, consumption pattern, elderly


 


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola konsumsi dan indeks massa tubuh dengan tekanan darah pada lansia di Kecamatan Bungah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada pra lansia dan lansia di Posyandu Lansia Kecamatan Bungah yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel penelitian secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Food Frequency Questionnaire dan pengukuran tinggi badan, berat badan, serta tekanan darah. Analisa data dilakukan dengan uji Chi Square dan uji Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pola konsumsi dengan tekanan darah dengan nilai p≤0,05. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan tidak ada hubungan antara indeks massa tubuh dengan tekanan darah dengan nilai p≥0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tekanan darah pada pra lansia dan lansia lebih berhubungan dengan pola konsumsi dibandingkan dengan indeks massa tubuh.


 Kata Kunci: Indeks Massa Tubuh, Lansia, Pola Konsumsi, Tekanan Darah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 7, 2019
How to Cite
MU’IZZA, Nur; AGNESIA, Dian; SHOLIKHAH, Desty Muzarafatus. Hubungan Pola Konsumsi Dan Indeks Massa Tubuh (Imt) Dengan Tekanan Darah Pada Pra-Lansia Dan Lansia Di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Ghidza Media Jurnal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27-36, dec. 2019. ISSN 2716-5108. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ghidzamediajurnal/article/view/1076>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v1i1.1076.
Section
Articles