IMPLEMENTASI RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA WEIGHER M-2306 UNIT PHOSPHORIC ACID (PA) di PT PETROKIMIA GRESIK

  • Auf Wildan Hadi Syah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hadi Suroso Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Denny Irawan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tugas akhir ini akan dilakukan yaitu implementasi reliability centered maintenance (RCM) pada sistem Weigher M-2306 Unit Phosphoric Acid. Sistem Weigher M-2306 mempunyai beberapa komponen pendukung yang berfungsi untuk menimbang suatu material yaitu Phosphate Rock agar hasil dari timbangan tersebut menyesuaikan dengan Rate produksi yang telah di tetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat menentukan usaha pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan sistem mengetahui komponen kritis yang mempengaruhi keandalan sistem, menganalisa keandalan komponen sistem yang berdampak pada pemeliharaan efektif, menentukan usaha pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan, dan menyiapkan input untuk dimasukkan ke dalam software RCM yaitu Reliasoft Weibull++ 6. Penelitian ini dilakukan dengan dua analisa yaitu analisa kualitatifdan kuantitatif pada setiap komponen penyusun system.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 21, 2021
How to Cite
SYAH, Auf Wildan Hadi; SUROSO, Hadi; IRAWAN, Denny. IMPLEMENTASI RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA WEIGHER M-2306 UNIT PHOSPHORIC ACID (PA) di PT PETROKIMIA GRESIK. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 28-36, july 2021. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/2694>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v16i1.2694.
Section
Articles