IDENTIFIKASI KOPI BUBUK BERDASAR BAHAN CAMPURAN MENGGUNAKAN SENSOR GAS DAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION

  • M. Amirul Prihatama Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Misbah Misbah
  • Yoedo Ageng Suryo

Abstract

 Di era globalisasi sekarang ini konsumsi kopi dalam kehidupan sehari-hari terlihat sangat wajar.. Dan dari situlah ada beberapa oknum penjual kopi atau produsen kopi bubuk yang dengan sengaja mencampur dengan beberapa bahan tersebut untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.Pada penelitian ini akan dibahas suatu alat dan sistem identifkasi bau dengan metode JST (Jaringan Saraf Tiruan ) LVQ yang diharapkan dapat mendeteksi keaslian komposisi dan jenis campuran kopi yang dijual dipasaran . Dari hasil pembuatan alat dan sistem identifkasi bau dengan metode JST (Jaringan Saraf Tiruan ) LVQ didapatkan hasil bahwa JST mampu untuk mengidentifikasi dan membedakan antara kopi asli, kopi jagung, kopi beras dan kopi kedelai dengan tingkat keakuratan 95,92 % dan tingkat eror 4,08 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 18, 2020
How to Cite
PRIHATAMA, M. Amirul; MISBAH, Misbah; SURYO, Yoedo Ageng. IDENTIFIKASI KOPI BUBUK BERDASAR BAHAN CAMPURAN MENGGUNAKAN SENSOR GAS DAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 11-15, nov. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/2012>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles