Sistem Desain Otomatis Area Solution Tank Berbasis Microkontroller di PT Unichem Candi Indonesia (Plant Gresik)

  • Mochamad Machmud Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini didasari pada sebuah permasalahan pada perusahaan bagian produksi atau proses pengolahan pada perusahaan PT.Unichem Candi Indonesia. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini yaitu hasil produksi yang kurang maksimal di area Solution Tank, yaitu tempat pencampuran garam dan air untuk menjadi larutan garam yang sesuai kadar garam yang ditentukan. Desain otomatis area Solution Tank ini memiliki 2 sensor yaitu sensor kadar garam dan sensor speed monitor(rpm). Sensor kadar garam berfungsi untuk mendeteksi kadar garam pada bak


Solution Tank apakah sesuai kadar garam yang ditentukan apa belum sehingga dapat mengontrol valve


air otomatis. Sedangkan sensor speed monitor berfungsi untuk mendeteksi banyaknya endapan garam sehingga dapat menjadi proteksi untuk motor mixer dan mengontrol masuknya garam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 18, 2020
How to Cite
MACHMUD, Mochamad. Sistem Desain Otomatis Area Solution Tank Berbasis Microkontroller di PT Unichem Candi Indonesia (Plant Gresik). E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 36-41, nov. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1991>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v15i2.1991.
Section
Articles