SISTEM OTOMATISASI POMPA AIR WATER COOLING TOWER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARM STM32F4 di PT.INDOSPRING Tbk

  • Muhammad Teguh Wirawan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sistem Otomatisasi Pompa Air Water Cooling Tower Menggunakan Mikrokontroler Arm Stm32f4 Di Pt.Indospring Tbk. Sebagai pusat pengontrol alat dan pemroses data. Alat ini dapat mengontrol otomatisasi motor pompa sentrifugal menggunakan sensor arus  acs  712,  sedangkan untuk hasil  sensornya sendiri ditampilkan pada LCD (Liquid Cristal Display). Sistem kerjanya adalah jika sensor arus men deteksi ampere berlebih pada pompa utama, maka secara otomatis pompa utama akan mati dan digantikan pompa cadangan yang telah disiapkan. Water cooling tower ini juga di lengkapi sensor suhu LM35 yang berfungsi untuk menghidupkan fan blower apabila suhu air lebih dari 40˚C. Untuk memudahkan petugas perawatan mengetahui level air kolam cooling tower maka ditambahkan sensor water level kontrol.


Berdasarkan pengujian dan  pengamatan alat  menggunakan tabel  indikator keberhasilan telah menunjukkan bahwa Sistem Otomatisasi Pompa Air Water Cooling Tower Menggunakan Mikrokontroler Arm Stm32f4 Di Pt.Indospring Tbk berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 18, 2020
How to Cite
WIRAWAN, Muhammad Teguh. SISTEM OTOMATISASI POMPA AIR WATER COOLING TOWER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARM STM32F4 di PT.INDOSPRING Tbk. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 23-35, nov. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1989>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v15i2.1989.
Section
Articles