ANALISA KEGAGALAN TRANSFORMATOR TENAGA BERDASARKAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) SEBAGAI DASAR PERHITUNGAN PENILAIAN KONDISI (SCORING) TRANSFORMATOR TENAGA (STUDI KASUS TRAFO GI SEGOROMADU GRESIK)

  • Miqdarurridlo Miqdarurridlo Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Transformator tenaga merupakan salah satu alat yang terpenting dalam sistem transmisi kelistrikan oleh karena itu diperlukan pemeliharaan dengan cara mengetahui nilai kondisi transformator secara menyeluruh. Namun, belum ada metoda yang secara terperinci dan tepat mengetahui kondisi transformator daya melalui seluruh gabungan data uji yang tersedia. Permasalahan ini menyebabkan tingkat kesimpulan yang berbeda.
Untuk menentukan tingkat unjuk kerja trafo digunakan metode penilaian kondisi (scoring). Penilaian dilakukan dengan cara menganalisa kegagalan transformator dengan berdasarkan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). FMEA merupakan suatu cara untuk menganalisa penyebab/model kegagalan (failure modes) yang dapat terjadi pada suatu sistem yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan komponen komponen yang akan diperiksa dan dipelihara. Dalam hal ini dicari mode kegagalan dengan membagi menjadi beberapa subsistem, setelah itu ditentukan parameter apa yang berpengaruh dalam menyebabkan kegagalan. Selanjutnya dilakukan penentuan nilai batas untuk menentukan level kondisi berdasarkan standar yang telah ditetapkan.. Metode ini diterapkan pada penilaian kondisi Transformator Tenaga yang terpasang di GI Segoromadu Gresik.
Dari hasil analisa melalui Inspeksi Level 1,Level 2, maupun Level 3, secara umum Transformator Tenaga di GI segoromadu telah mengalami penurunan kondisi terutama pada Trafo 1 dan Trafo 3 Hasilnya adalah didapatkan hasil scoring yaitu: Trafo 1 = 5,88, Trafo 2 = 8,73,Trafo 3 = 4,83.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 3, 2020
How to Cite
MIQDARURRIDLO, Miqdarurridlo. ANALISA KEGAGALAN TRANSFORMATOR TENAGA BERDASARKAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) SEBAGAI DASAR PERHITUNGAN PENILAIAN KONDISI (SCORING) TRANSFORMATOR TENAGA (STUDI KASUS TRAFO GI SEGOROMADU GRESIK). E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 26-33, aug. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1607>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v15i1.1607.
Section
Articles