Optimasi Kebijakan Pemikulan Beban Bersama Untuk Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Di Pltu Gresik Berdasarkan Model Economic Dispatch

  • Hadi Suroso Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perhatian semua orang terhadap penghematan energi dan pencemaran lingkungan hidup membawa dampak suatu keharusan penerapan metode optimasi dalam pengoperasian suatu sistem tenaga listrik, karena itu penelitian ini mencoba menerapkan metode Economic Dispatch, yaitu metode yang menentukan optimun power yang harus didispatch oleh suatu unit pembangkit.


Dalam penelitian ini, dikembangkan suatu model Economic Dispatch yang ramah pengguna (user friendly) dengan menggunakan software LabVIEW. Kemudian data dari PLTU Gresik disimulasikan dan akhirnya dapat dibuktikan bahwa penerapan metode ini menghasilkan penghematan biaya sekitar 8,5% bila dibandingkan dengan cara proporsional serta 12,3% bila dibandingkan dengan cara yang dilakukan di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 10, 2020
How to Cite
SUROSO, Hadi. Optimasi Kebijakan Pemikulan Beban Bersama Untuk Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Di Pltu Gresik Berdasarkan Model Economic Dispatch. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 81-89, feb. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1197>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v14i2.1197.
Section
Articles