PENERAPAN METODE TOGAF DAN ZACHMAN UNTUK REKAYASA PERANGKAT ARSITEKTUR PENGADAAN ELEKTRONIK

  • Ilham M. Said Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pilihan teknologi tradisional dalam otomasi proses pengadaan tidak langsung selama ini jatuh pada skenario beli atau membuat sendiri. Perkembangan teknologi e-business kini melebarkan pilihan pada outsourcing (sebelumnya hanya membeli), yang turut menggeser peran aktifitas pengadaan kearah strategis. Berbagai pilihan tersebut dan juga kompleksitas yang terkait dengan pengadaan membutuhkan suatu kerangka arsitektur agar organisasi terhindar dari ketidakselarasan antara infrastruktur IT dengan kebutuhan bisnis pengadaan.
Makalah ini mencoba mengangkat pemodelan arsitektur informasi sebagai sarana integrasi aplikasi e-Procurement pada proses bisnis pengadaan barang dan jasa. Kerangka arsitektur informasi TOGAF dan Zachman akan digunakan sebagai acuan sebagai pertimbangan calon pembeli ketika mentransformasikan proses pengadaannya. Fokus arsitektur ditekankan pada fungsionalitas dan kemampuan sistem, faktor-faktor penentunya dalam pengadaan dan pemetaan antara kedua kerangka arsitektur informasi tersebut. Sebagai hasilnya, suatu kerangka terintegrasi yang dapat membantu penerapan aplikasi e-Procurement akan dibahas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 10, 2020
How to Cite
SAID, Ilham M.. PENERAPAN METODE TOGAF DAN ZACHMAN UNTUK REKAYASA PERANGKAT ARSITEKTUR PENGADAAN ELEKTRONIK. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 73-80, feb. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1196>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v14i2.1196.
Section
Articles