Pendampingan Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di SD Muhammadiyah 2 Gresik

  • Ismail marzuki

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap implementasi kegiatan lesson study yang diadakan di sekolahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang keadaan subjek penelitian. Pada penelitian ini peneliti akan mencermati implementasi lesson study yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Gresik dan menggambarkan subjek penelitian secara “apa adanya”. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan implementasi lesson study serta dokumen-dokumen yang terkait dengannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis penelitian kualitatif model yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen. Kegiatannya ada tiga yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi yang ketiganya dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon positif dari para guru dan peserta didik terhadap penerapan lesson study di sekolahnya. Respon tersebut diikuti denganperubahan positif lainnya yaitu para guru telah mampu membuat lesson design, melaksanakan lesson design, melakukan penilaian, dan melakukan refleksi pembelajaran, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendampingan Tim dosen PGSD dalam implementasi lesson study di SD muhammadiyah 2 Gresik telah mampu meningkatan kualitas pembelajaran guru di sana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 13, 2019
How to Cite
MARZUKI, Ismail. Pendampingan Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di SD Muhammadiyah 2 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 157-168, june 2019. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/884>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v25i2.884.
Section
Articles