Pengembangan Buku Pedoman Keislaman Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku saku Hizbul Wathan untuk pengembangan kemandirian peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan, dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini ada 4 tahap penelitian, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Oleh karena keterbatasan anggaran pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan), tidak sampai pada tahap disseminate (penyebaran). Buku saku ini telah divalidasi oleh 4 orang validator dari dari sudut kepakaran yang berbeda dan hasilnya layak digunakan sebagai buku panduan dalam pembelajaran kepanduan Hizbul wathan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2022
How to Cite
MARZUKI, Ismail. Pengembangan Buku Pedoman Keislaman Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 111-119, sep. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4325>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4325.