EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD INSTAGRAM TV FOR ONLINE LEARNING MEDIA TO INCREASE ENGLISH VOCABULARY DURING COVID-19 PANDEMIC

  • Hikmah Anggun Gumelar Muhammadiyah Gresik University
  • Candra Hadi Asmara Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk persepsi siswa tentang Instagram sebagai platform pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran kosakata menggunakan Instagram dan berfokus pada fitur Instagram TV sebagai media untuk pembelajaran dan pengajaran online menggunakan desain eksperimental. Pertanyaan pilihan ganda pra-tes dan pasca-tes diberikan kepada 50 peserta dari SMPN 15 Gresik dengan durasi, media, dan topik yang sama untuk mengukur pengembangan kosakata peserta didik EFL menggunakan desain eksperimental dan dianalisis menggunakan tes kuantitatif dan kualitatif. Ada 20 item instrumen yang digunakan yang diuji untuk pengembangan kosakata sebagai pra-tes dan pasca-tes untuk data kuantitatif. Siswa juga mengisi kuesioner menggunakan bahasa Inggris dengan total 12 item yang terkait dengan penggunaan Instagram TV. Untuk kualitatif, wawancara diperoleh mengenai persepsi siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa menunjukkan hasil positif dan umpan balik yang baik. Kesimpulannya, penelitian ini merekomendasikan penggunaan Instagram TV sebagai media pembelajaran online yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa bagi peserta didik EFL untuk melakukan pembelajaran daring selama pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 16, 2022
How to Cite
GUMELAR, Hikmah Anggun; ASMARA, Candra Hadi. EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD INSTAGRAM TV FOR ONLINE LEARNING MEDIA TO INCREASE ENGLISH VOCABULARY DURING COVID-19 PANDEMIC. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 1, p. 72-88, mar. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3859>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3859.