PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) DENGAN MENGGUNAKAN ANYFLIP PADA MATERI NILAI TEMPAT

  • Nurul Ainia Rachmayuni Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Syaiful Huda Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk e-modul berbasis icare (introduction, connection, application, reflection, extension) yang menggunakan aplikasi anyflip pada materi nilai tempat. Penelitian ini telah memperoleh 3 kriteria yakni kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan sehingga layak digunakan sebagai acuan belajar untuk peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model four-D  yang terdiri dari define, design, development  dan disseminate. Untuk mengukur e-modul sehingga layak digunakan yaitu menggunakan instrumen lembar validasi ahli untuk mengukur kevalidan produk, angket respon dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan produk, serta pengamatan peserta didik untuk mengukur kepraktisan produk. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini memperoleh kevalidan ahli media 77% dan ahli materi 79%, keefektifan 83%, serta kepraktisan 60%. Oleh karena itu pengembangan e-modul berbasis icare menggunakan aplikasi anyflip berkualitas baik dan layak untuk dijadikan sebagai pendamping belajar oleh peserta didik selama proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 24, 2022
How to Cite
RACHMAYUNI, Nurul Ainia; FAUZIYAH, Nur; HUDA, Syaiful. PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) DENGAN MENGGUNAKAN ANYFLIP PADA MATERI NILAI TEMPAT. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 1, p. 166-175, mar. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3816>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3816.