THE ROLE OF MENTORING ACTIVITIES IN HELPING THE RUNNING OF READING THE QUR'AN EDUCATIONAL WORKERS AT THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH GRESIK

  • MUYASAROH M.Pd.I RESEARCHER

Abstract

Iqro’ merupakan kalimat pertama yang diperdengarkan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Pentingnya membaca ini menjadi orientasi Allah SWT mengajarkan kepada hambah dan kekasih-Nya yang shaleh. Terdapat anjuran dan perintah membaca al-Qur’an Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).


Berdasarkan hadist tersebut membaca alqur’an dan mempelajarinya menjadi kegiatan yang utama bagi seorang muslim apalagi mampu mengajarkan kepada yang lainnya. Namun dalam membaca al-Qur;an tentunya ada anjuran atau ketentuan dalam membacannya. Sebagaimana dalam surat al-Muzammil ayat 3, Allah SWT Berfirman :


Artinya : “atau lebih dari seperdua itu dan bacalah al-Qu’an dengan tartil ”(Al-Muzammil: 4)


Maksud dari kata tartil adalah membaca Al-Quran dengan pelan –pelan atau benar dan tepat sesuai dengan makhraj dan tajwidnya, juga dapat menggetarkan hati karena membacanya.


Pentingnya membaca al-Quran dengan tartil ini ternyata di tanggapi dengan positif dari Biro Dakwah dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan Unmuh Gresik untuk memlakukan tes baca al-Qur’an bagi Tendiknya. Ternyata hasil yang didapatkan belum semua tendik mampu membaca al-Quran dengan tartil. Melalui BDP2AIK ini mengadakan kegiatan mentoring atau pendampingan dalam baca al-Quran sebagai upaya memperlancar baca al-Qur’an tendik tersebut agar sesuai dengan kaidah kaidah ilmu tajwid dan makharijul huruf yang dilaksanakan secara rutin.


Tujuan penelitian mengetahui peran kegiatan mentoring yang dilakukan untuk membantu kelancaran membaca al-Qur’an terutama untuk tenaga pendidik di kampus Unmuh Gresik. Jenis penelitian Filed Research, pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif yakni dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi pada informan yakni tendik yang mengikuti mentoring, Kepala BDPAIK untuk memperoleh data kegiatan mentoring. Menggunakan analisis Miles dan Huberman.


Hasil pnelitian menunjukan bahwa mentoring berperan positif dalam membantu melancarkan dalam baca al-Qur’an para tendik dengan indicator pemahaman tajwid, makhorijul khuruf yang diaplikasikan dengan baik.


 


Kata kunci mentoring, membaca al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2022
How to Cite
M.PD.I, MUYASAROH. THE ROLE OF MENTORING ACTIVITIES IN HELPING THE RUNNING OF READING THE QUR'AN EDUCATIONAL WORKERS AT THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH GRESIK. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 1, p. 122-133, mar. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3749>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3749.