MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP ISUE-ISUE SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Evaluasi Pada Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah Manyar)

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang keterampilan berfikir kritis peserta didik terhadap isue-isue sosial dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation research) dengan subjek penelitian enam siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Manyar. Subjek tersebut terdiri atas 2 siswa dengan kecerdasan tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan rendah dengan jenis kelamin berbeda. Fokus penelitian adalah ingin menggali informasi tentang ketajaman berfikir kritis mereka dalam menentukan kebenaran sebuah informasi, kemampuan berargumen, dan kemampuan memecahkan masalah. Data-data penelitian dikumpulkan melalui interview dan test, dan setelah data terkumpul data kemudian dianalisis. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek ketajaman berfikir kritis, seluruh kelompok siswa hasilnya sangat baik. Sementara untuk kemampuan berargumen kelompok dengan kecerdasan tinggi hasilnya baik, sedang kelompok sedang dan rendah hasilnya cukup. Terakhir kemampuan dalam memecahkan masalah hasilnya adalah peserta didik berkecerdasan tinggi nilainya sangat baik, sementara kelompok berkecerdasan sedang dan rendah hasilnya adalah cukup dan kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 4, 2020
How to Cite
MARZUKI, Ismail. MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP ISUE-ISUE SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Evaluasi Pada Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah Manyar). DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 26, n. 2, p. 30-45, june 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1470>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1470.
Section
Articles