PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI I KEBOMAS

  • Ismawati Dwi Saputri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Midjan Midjan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Dengan adanya motivasi dan kemandirian belajar peserta didik dapat menyelesaikan tugas tanpa menggantungkan orang lain. Dalam motivasi dan kemandirian belajar terdapat lima faktor didalamnya yaitu self eficacy, intrinsic value, tes anxiety, cognitif strategi use dan self regulation. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas yang berumlah 288 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah sampel sebanyak 167 peserta didik namun dikarenakan ada satu hasil yang tidak valid, maka peneliti hanya mendapatkan 166 sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) dan tes hasil belajar matematika.
Hasil perhitungan regresi linier berganda pada masing – masing variabel x memiliki nilai sig 0,000 sehingga sig. <

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 3, 2020
How to Cite
SAPUTRI, Ismawati Dwi; EDY, Sarwo; MIDJAN, Midjan. PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI I KEBOMAS. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 26, n. 2, p. 14-23, june 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1467>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1467.
Section
Articles