AN ANALYSIS OF BARACK OBAMA’S SPEECH ACT OVER THE CONFLICT IN SYRIA AND LOOMING FEDERAL GOVERNMENT SHUTDOWN

  • Agus Wardhono
  • Mukhlis Purnama Hadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menggambarkan fenomena speech acts yang digunakan oleh Barrack Obama ketika berada di The White House tanggal 27September 2013 mengenai konflik di Syria dan penutupan pemerintah federal. permasalahan penelitian ini adalah bagaimana speech act digunakan oleh Obama serta fungsi setiap ucapannya. Metode kualitatif deskriptif (konten analisis) digunakan untuk melaksanakan penelitian ini. data diambil dari transkrip perkataan Obama dalam konflik di Syria dan penutupan pemerintah federal di White House pada tanggal 27 September 2013. Dalam menganalisa data, setiap ucapan diidentifikasi dengan menganalisa berdasarkan pada aspek-aspek linguistik. Setiap ucapan diidentifikasi dengan menganalisa tipe bentuk dan arti ucapan dan mengumpulkan data komunikasi secara obyektif, sistematis, dan deskriptif. Berdasarkan hasil penemuan, speech act digunakan oleh Barrack Obama bisa dijabarkan berikut ini: pertama, peneliti tidak menemukan yang terdeklarasi. Bahkan, ucapan Obama kebanyakan dalam bentuk tegas (representatif), peringkat berikut termasuk dalam komisif, direktif dan ekspresif. Pada waktu yang sama, fungsi ucapan lebih tergolong pada kolaboratif. Sedangkan posisi berikut termasuk dalam konfifial (ramah) dan kemudian kompetitif. Penelitian ini memberikan saran terhadap peneliti selanjutnya untuk menganalisa percakapan, debat atau dialog yang sejenis yang bertujuan untuk menginvestigasi teori speech act. Walaupun banyak bidang dalam pragmatik seperti strategi kesopanan, implikatur, dan deixis (pilhan kata).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 16, 2017
How to Cite
WARDHONO, Agus; HADI, Mukhlis Purnama. AN ANALYSIS OF BARACK OBAMA’S SPEECH ACT OVER THE CONFLICT IN SYRIA AND LOOMING FEDERAL GOVERNMENT SHUTDOWN. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 162-174, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/122>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles