EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LESSON STUDY PADA MAHASISWA DALAM APLIKASI PEMBUATAN TES

  • Fita Masruroh
  • Muyasaroh muyasaroh
  • Arfa Ladamay
  • Budi Masruri

Abstract

Kegiatan lesson studi yang dilakukan FAI-Universitas Muhammadiyah Gresik menfokuskan pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan PAI yang melibatkan dosen-dosen pengajar dari berbagai bidang mata kuliah yang berbeda. Sesuai dengan deskripsi mata kuliah yang termasuk dalam komponen matakuliah keahlian kependidikan, mata kuliah ini merupakan komponen keahlian, matakuliah ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan bagi upaya membentuk tenaga kependidikan yang profesional di bidangnya.
Pada kegiatan plan, para dosen menentukan bersama-sama fokus materi ajar yang akan disajikan. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tim dosen berkonsentrasi pada perencanaan yang disesuiakan dengan keadaan kelas, penyusunan materi ajar, metode dan media pengajaran yang akan digunakan. Hal tersebut tidak lepas berdasarkan perhatian tim pada indikator dalam menentukan efektivitas pembelajaran diantaranya kualitas pembelajaran, insentif, waktu, dan kesesuaian tingkat pembelajaran. Selanjutnya kegiatan do (pelaksanaan pembelajaran) yakni implementasi pembelajaran sesuai dengan perencanaan (plan) dosen pengajar dan kegiatan terakhir adalah see (kegiatan refleksi). Pada kegiatan refleksi dilakukan diskusi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru model.
Berdasarkan hasil refleksi, disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran mata kuliah evaluasi pendidikan PAI melalui lesson study pada aplikasi pembuatan tes telah berhasil atau memenuhi standar pencapaian. Efektifitas pembelajaran tidak lepas dari beberapa hal seperti keadaan kelas yang aktif, motivasi belajar mahasiswa yang tinggi, keahlian dosen dalam mengemas pembelajaran, akan tetapi dilihat juga berdasarkan hasil pencapain (product) pembelajaran yang dilambangkan pada pencapaian taraf kompetensi yang diharapkan yakni mahasiswa dapat memahami, membuat, mengukur, menentukan jumlah butir soal berdasarkan aplikasi tabel spesifikasi hingga pada pensekoran dan penilaian tes hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 16, 2017
How to Cite
MASRUROH, Fita et al. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LESSON STUDY PADA MAHASISWA DALAM APLIKASI PEMBUATAN TES. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 52-60, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/116>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles