SOSIALISASI PENINGKATAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN PARE UNTUK PRODUK UMKM DI DESA SUKOSARI, KECAMATAN MANTUP, KABUPATEN LAMONGAN

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati
  • Widyasari Puspa Permata Witra Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Achmad Nur Fuad Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Sukosari adalah sebuah desa yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Tepatnya adalah kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota kabupaten Lamongan dan sekitar 2 kilometer dari Kec. Mantup. Potensi yang dimiliki Desa Sukosari yaitu di bidang pertanian, karena beberapa persen mayoritas penduduk disana berprofesi sebagai petani. Kepala desa sukosari berharap agar potensi desa dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik. Masyarakat desa masih belum sadar terkait potensi yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan produk melalui hasil pertanian disana. sehingga banyak dari petani banyak yang menjual hasil tani ke tengkulak-tengkulak. Hasil pertanian yang mendominasi di desa Sukosari ini adalah tanaman padi dan tebu, tetapi ada juga masyarakat yang menanam kacang tanah, singkong, pare dan gambas. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah atau UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Tetapi banyak masyarakat yang enggan memulai bisnis karena  kurangnya  pengetahuan dan inovasi dalammengelola sebuah produk, alat-alat yang kurang menunjang, kemampuan mendesain packaging yang menarik dan kurangnya pengetahuan pemasaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 5, 2023
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. SOSIALISASI PENINGKATAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN PARE UNTUK PRODUK UMKM DI DESA SUKOSARI, KECAMATAN MANTUP, KABUPATEN LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 248-253, june 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5677>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5677.