IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK-ANAK DESA KEDUNGRUKEM

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Tri Yuli Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadia Putri Liani Pradini Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Kedungrukem merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik yang terdiri dari dusun Kedungrukem, Kedungglugu, Ngablak dan Bulak Ploso. Desa Kedungrukem berbatasan dengan Desa Ploso di sebelah barat, Desa Delik Sumber di sebelah selatan dan Desa Munggugianti di sebelah timur. Populasi anak-anak di Desa Kedungrukem juga cukup banyak dengan rentang pendidikan PIAUD s/d SD, dan aktifnya anak- anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari di lingkungan desa. Dengan dilakukannya kegiatan Calistung pada anak-anak desa Kedungrukem oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Gresik Program Studi PGSD, dapat menambah wawasan literasi anak-anak Desa Kedungrukem. Sehingga, dengan pelatihan Calistung, memberikan manfaat bagi anak- anak Desa Kedungrukem untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam membaca, menulis dan berhitung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 5, 2023
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK-ANAK DESA KEDUNGRUKEM. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 137-142, june 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5675>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5675.