DEMPLOT PENDEDERAN UDANG VANAME ( LITOPENAEUS VANNAMEI) DENGAN TEKNOLOGI BIOFLOK PADA KOLAM TERPAL SECARA INTENSIF DI KECAMATAN DUDUK SAMPEAN KABUPATEN GRESIK

  • Aminin Aminin Universitas Muhammadiyah GREsik
  • Ummul Firmani
  • Muhammad Syaifullah

Abstract

Demplot pendederan udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada Kegiatan pengabdian masyarakat program studi budidaya perikanan bertujuan  untuk deseminasi teknologi.  Melalui program tersebut diharapkan mampu meningkatkan angka kehidupan udang vaname  (SR) yang dipelihara pada tambak tradisional. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Wadak Kecamatan Duduk Kabupaten Gresik. Menurunnnya daya dukung lahan serta keseimbangan linkungan,  mengakibatkan nilai angka kehidupan benih udang yang ditebar nilainya sangat rendah.   Beberapa upaya telah dilakukan seperti penambahan input benih yang lebih banyak  dari biasanya, akan tetapi hasil hasil panen udang tidak mengalami peningkatan, justru sebaliknya semakin meningkatkan biaya operasional produksi,  akibatnya keuntungan yang didapatkan semakin sedikit. Teknologi bioflok merupakan teknologi yang dikembangkan dengan memadukan penanganan buangan limbah hasil budidaya dan mereduksi jumlah penggunaan air. Secara umum teknik ini memiliki  kelebihan seperti biaya operasional yang lebih kecil dan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Berdasarkan hasil  demplot yang dilaksankan selama 4 minggu pada mitra  bintang muda didapatkan bahwa benih udang vaname tingkat Survival rate (SR) sebesar 70 %. Tingginya nilai tersebut diduga karena kesiapan pakan alami yang tersedia secara optimal. Diperkirakan panen udang lebih cepat dari biasanya. Biasanya udang vaname dapat panen pada umur 3- 4 bulan, namun  dengan menggunakan teknik bioflok pada kolam terpal yang pada proses penggelondongan dilakukan  selama 1 bulan, udang vaname dapat dipanen Pada umur 1.5 – 2.5 bulan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 5, 2023
How to Cite
AMININ, Aminin; FIRMANI, Ummul; SYAIFULLAH, Muhammad. DEMPLOT PENDEDERAN UDANG VANAME ( LITOPENAEUS VANNAMEI) DENGAN TEKNOLOGI BIOFLOK PADA KOLAM TERPAL SECARA INTENSIF DI KECAMATAN DUDUK SAMPEAN KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 237-247, june 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5664>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5664.