PENERAPAN HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DALAM PROSES PEMBUATAN ROLADE AYAM PADA KATERING X DI KOTA MALANG

  • Sugiyati Ningrum Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Silvy Novita Antrisna Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Domas Galih Patria Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Vita Maulidah Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Chusnul Chotimah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih mementingkan kepraktisan  dalam hal memasak berbanding lurus dengan pertumbuhan jasa Katering di kota malang Jawa Timur. Pengolahan produk pangan dalam jumlah besar pada jasa katering berpotensi mengalami kontaminasi baik secara fisik, kimia maupun biologi. HACCP merupakan suatu sistem manajemen yang mengontrol keamanan pangan yang harus diterapkan oleh jasa katering untuk menjamin keamanan produk pangan yang diproduksi. Untuk itu, dilakukan penyuluhan pada Katering X di kota Malang yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan lebih terkait cara menghasilkan makanan yang sesuai dengan mutu dan standar keamanan pangan HACCP. Pada pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah bervariasi, demonstrasi, sesi tanya jawab dan pelatihan. Hasil dari pelatihan ini pihak katering dapat menerapkan rencana HACCP yang telah dibuat pada setiap tahapan proses pembuatan rolade ayam sebagai menu yang paling banyak diminati oleh pengguna jasa catering X di kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 5, 2023
How to Cite
NINGRUM, Sugiyati et al. PENERAPAN HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DALAM PROSES PEMBUATAN ROLADE AYAM PADA KATERING X DI KOTA MALANG. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 207-227, june 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5515>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5515.