PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENERIMA HIBAH PENCAPAIAN TARGET KONSUMSI PANGAN PERKAPITA TAHUN 2021 SESUAI ANGKA KECUKUPAN GIZI KABUPATEN TUBAN

  • Suwarsih Suwarsih Program Studi Ilmu Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Marita Ika Joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sriwulan Sriwulan Program Studi Biologi, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Riska Andriani Program Studi Biologi, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Susanti Dhini Anggraini Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Prodi Matematika, Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Kegiatan P2KP Tahun 2021 merupakan salah satu upaya untuk membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan Kelompok Wanita khususnya TP PKK Desa melalui Sub Kegiatan Pengembangan Pekarangan Kelompok/TP PKK dan Optimalisasi Pemanfaatan pekarangan dalam upaya pengembangan pangan lokal. Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut diperlukan Pendampingan Manajemen Administrasi, dalam hal ini dilakukan oleh tim dari LPM Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.


Sasaran program ini adalah TP PKK di 26 Desa seluruh Kecamatan di Kabupaten Tuban yang telah melewati tahap seleksi lokasi dan seleksi penerima manfaat. Pendampingan manajemen yang dilakukan oleh TIM LPM UNIROW Tuban ini meliputi  kegiatan pendampingan administrasi untuk kegiatan ini meliputi  (cara pengisian buku-buku laporan dan perkembangan Hibah), kegiatan pendampingan keorganisasian dan kepemimpinan serta motivasi dalam menggali potensi desa yang dimulai dengan rapat persiapan, sosialisasi tingkat kabupaten dan kecamatan, pengawalan dropping hibah, pendampingan manajemen di tingkat desa,  dilanjutkan monitoring, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan ini dikatakan berhasil karena pengetahuan, keterampilan, dan sikap anggota TP PKK Desa penerima hibah dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, dan penanganan keamanan pangan segar meningkat. Selain itu, kemampuan administrasi anggota TP PKK penerima hibah juga lebih baik. Keberhasilan program ini didukung oleh adanya simpul koordinasi yang berjalan dengan lancar karena adanya peran aktif dari Ketua TP PKK sebagai fasilitator dan penghubung antara warga penerima hibah dengan aparat pemerintah.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
SUWARSIH, Suwarsih et al. PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENERIMA HIBAH PENCAPAIAN TARGET KONSUMSI PANGAN PERKAPITA TAHUN 2021 SESUAI ANGKA KECUKUPAN GIZI KABUPATEN TUBAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 384-399, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4851>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4851.
Section
Articles