PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET JAGUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA WUKIRHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN

  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Abdul Khafid Maulana
  • Amelia Dwy Shandy Universitas PGRI Ronggolawe
  • Taufik Kurrohman Nurdin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Jamilatuna Maliyana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rohmatun Nanda Nafiah Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Desa Wukirharjo terletak di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Pola pembangunan lahan di desa Wukirharjo lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija (padi, tebu, jagung) dengan penggunaan pengairan tadah hujan. Hasil tanaman didominasi oleh tanaman jagung, namun hasil panen masih belum dimaksimalkan dalam pengolahannya sehingga nilai jual jagung masih rendah. Kegiatan PKM di Desa Wukirharjo yang akan dilakukan adalah dengan memanfaatkan potensi pangan lokal yaitu jagung dan mengenalkan variasi olahan jagung dengan membuat nugget. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan kemampuan masyarakat tentang pengolahan jagung sebagai produk unggulan desa dan juga dapat menjadi produk oleh-oleh makanan di Tuban yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Sehingga masyarakat dapat mendapatkan keuntungan dan menambah perekonomian masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam program ini adalah identifikasi, pengusulan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. metode pelaksanaan kegiatan PKM adalah dengan memberdayakan mereka melalui pelatihan dengan sistem Learning by doing, yaitu pertama pembagian resep, kedua transfer pengetahuan dengan menjelaskan bahan yang digunakan, proses pembuatan produk, alat yang diperlukan, bagaimana cara menyimpan dan menyajikan, ketiga tim PKM yang bertugas sebagai instruktur memperagakan bagaimana cara mengolah produk, keempat mengajak peserta turut serta dalam membuat produk pelatihan sehingga keterampilan mereka meningkat. Hasil dari pengabdian ini anggota PKK Wukirharjo mampu membuat nugget jagung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
KALISTA, Anggia et al. PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET JAGUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA WUKIRHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 431-441, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4750>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4750.
Section
Articles