PARENTAL LECTURING: PSYCHOEDUCATION AS A PREVENTIVE ACTION FOR BULLYING BEHAVIOR IN SCHOOL-AGED CHILDREN

  • Novia Fetri Aliza Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Metode pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh sekolah karena efek pandemi covid-19 menjadikan anak-anak usia sekolah di Dusun Jogorejo lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget dibandingkan berinteraksi secara sosial. Hal ini menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan untuk adaptif dalam berinteraksi sosial. Mereka lebih mudah terpancing secara emosi, sehingg berkata kasar bahkan menyakiti teman secara fisik. Kondisi ini menjadi salah satu permasalahan baru yang mengharuskan pemerintah setempat untuk ikut terlibat menyelesaikannya, supaya tindakan menyakiti atau bullying tidak meluas di tengah masyarakat Jogorejo. Tujuan dari program pendampingan ini adalah meningkatkan keterampilan seluruh warga masyarakat dalam mengelola dan manangani permasalahan bullying pada anak-anak usia sekolah. Kelompok sasaran dalam program ini adalah orangtua yang memiliki anak usia sekolah dan tokoh masyarakat yang ada di Dusun Jogorejo. Metode yang digunakan dalam program pendampingan ini adalah dengan memberikan psikoedukasi melalui penyuluhan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh anggota masyarakat. Harapannya, masyarakat mampu memahami bahaya bullying dan tata cara mengatasi dengan pendekatan pemberdayaan komunitas. Hasil yang diperoleh dari program pendampingan ini berdasarkan hasil uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS adalan Asymp.sig. (2-tailed) 0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa 0.000 lebih kecil dari 0,05, sehingga parenting lecturing dapat digunakan sebagai medote untuk meningkatkan pengrtahuan dan pemahaman masyarakat dalam upaya tindakan pencegahan perilaku bullying. Hasil yang diperoleh dari makna kualitatif dari program pengabdian masyarakat ini diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif serta perubahan mindset pada warga masyarakat tentang bahaya dan pencegahan perilaku bullying.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
ALIZA, Novia Fetri. PARENTAL LECTURING: PSYCHOEDUCATION AS A PREVENTIVE ACTION FOR BULLYING BEHAVIOR IN SCHOOL-AGED CHILDREN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 493-501, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4574>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4574.
Section
Articles