PERAN FASILITASI DAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN SIDAT DALAM MENINGKATKAN SKILL SERTA DAMPAKNYA BAGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK

  • Eva Desembrianita universitas muhammadiyah gresik
  • Djoko Soelistya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mukminatus Solichah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Tri Aldiyanto Putra Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tingkat kemiskinan masyarakat ditandai dengan adanya pengangguran, keterbelakangan, dan ketidak berdayaan. Pemberdayaan ekonomi ditujukan untuk memberikan penguatan bagi masyarakat dalam mendapatkan penghasilan yang memadai, memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan (skill) sehingga memperoleh peningkatan hasil secara ekonomi. Tujuan kegiatan PkM ini memberikan peningkatan skill masyarakat di lingkungan kecamatan Kebomas melalui pelatihan oleh mitra PT Permana Sidat Indonesia dan dukungan Fasilitasi oleh pihak Kecamatan Kebomas. Output kegiatan ini adalah 1. Terwujudnya peningkatan skill masyarakat tentang budidaya ikan sidat, 2. Tersosialisasikannya peluang usaha berbasis kemitraan, 3. Tersedianya peluang usaha baik sebagai mitra usaha mandiri maupun mitra kerja PT PSI, 4. Terlaksananya  pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya ikan sidat.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
DESEMBRIANITA, Eva et al. PERAN FASILITASI DAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN SIDAT DALAM MENINGKATKAN SKILL SERTA DAMPAKNYA BAGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 460-472, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4500>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4500.
Section
Articles